[REVIEW] FILM BEBAS: BAGUS BANGET TOLONG!

By Deyacdp - 5:27 AM

Happy banget! Itu kalimat yang saya ucapkan saat selesai keluar bioskop menonton film Bebas ini.


Secara garis besar film yang diadaptasi dari film Korea, Sunny, ini mengangkat kisah pertemanan sekelompok anak SMA era '90-an yang terpisah selama 23 tahun. Mereka lalu kembali bertemu karena suatu sebab.


Kisah dimulai saat Vina merasakan ada yang aneh dalam hidupnya sebagai ibu rumah tangga. Sampai saat ketika ia menjenguk ibunya yang sakit di Rumah Sakit, Vina kembali bertemu dengan teman SMA-nya, Krisdayanti (Susan Bachtiar) yang sedang sakit keras dan divonis oleh dokter bahwa hidupnya tidak lama lagi. Menyadari hal itu, Kris pun meminta kepada Vina untuk membuat reuni kecil bersama anggota Geng Bebas sebelum ia meninggal. Vina pun mengamini hal tersebut dan mulai mencari teman-temannya.


Nama “Bebas” sendiri diangkat dari tembang hits yang melekat di anak-anak di zaman ’90-an, yang dibawakan oleh rapper hits Indonesia yaitu Iwa K. Kenapa? Ya, wajar aja, lagu ini pernah sekali didaulat Majalah Rolling Stone Indonesia sebagai salah satu dari 150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa.


Alur filmnya yang maju mundur membuat perhatian kita sebagai penonton harus fokus dalam ceritanya. Maka dari itu, mari menuju cerita masa lalunya. Kehidupan Vina (Maizura), sebagai seorang remaja putri yang baru pindah sekolah membuatnya terkenang dengan masa-masa menyenangkan di Sumedang. Sebuah tempat yang jauh dari keriuhan ibukota, tempat ia bersekolah kini.


Namun, di sini, Vina mulai menemukan hal-hal baru. Bermula, terus dirundung sebagai gadis polos dan lugu, Vina kemudian bertemu dengan Kris (Sheryl Sheinafia), ketua geng Bebas yang rebel abis. Ada Suci (Lutesha) yang digadang-gadang menjadi supermodel karena rupanya cantik dan menjadi gadis sampul. Geng Bebas juga punya Jojo (Baskara Mahendra) yang kalau ngomong itu nyablak banget dan lidahnya yang tajam. Kemudian ada Jessica (Agatha Pricilla) yang paling banyak gayanya karena hobinya dandan, dan yang terakhir ada Gina (Zulfa Maharani) yang super jutek tapi mengemaskan.


Pertemuan antara Vina dan teman-teman barunya memang terkesan klise. Namun, dari sinilah semuanya dimulai. Perjalanan cerita cinta dan persahabatan. Sebuah kisah nostalgia yang selama ini tersimpan dan dipendam saja. Dibiarkan senyap. Sampai pada akhirnya, mereka bertemu lagi.


Yang bikin film ini nostalgia banget adalah penggunaan Bahasa slang yang sangat popular di Indonesia yaitu, ‘Bahasa G’, gelang yang dibuat dari lilitan kain, kue kepang, stiker majalan anak-anak, Walkman, bahkan ada telepon bergembok yang membuat nuasa ’90-an’ dalam film ini begitu komplit. Pengambilan gambar yang ciamik juga membuat transisi kisah dari masa lalu dan masa kini terlihat sangat halus.


Sementara itu, Marsha Timothy, Susan Bachtiar, Indi Barends, Widi Mulia adalah nama-nama yang mulai beken di era ‘90-an. Kini ibaratnya, mereka sudah jadi emak-emak. Namun, lagi-lagi para senior ini mampu memainkan peran Vina, Kris, Jessica, Suci dan Gina yang sudah dewasa juga dengan sangat baik. Belum terlupa tentunya, ada Baim Wong yang berperan sebagai Jojo yang sudah dewasa juga cukup baik di film ini.


Walaupun diawali dengan kisah yang suram, namun di sepanjang durasinya film Bebas memberikan hal yang berbeda. Kehangatan hati, rasa rindu pada sahabat, hal-hal romantic yang terjadi di masa remaja dan rasa syukur pada kehidupan yang kita miliki saat ini. Lewat film Bebas penonton dapat secara magis merasakan betapa dekatnya kisah di dalam film dengan kehidupan nyata. Belum lagi film ini menyadarkan kita betapa sulitnya menjaga pertemanan sejak sekolah hingga dewasa, karena pada akhirnya setiap dari kita akan mulai sibuk dengan kehidupan dan perlahan saling menjauh.



Source Image: Instagram Miles Film



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar