[REVIEW] BROTHER OF THE YEAR: DRAMANYA KAKAK & ADIK

By Deyacdp - 12:24 AM


GDH a.k.a GTH yang sudah berganti nama memang selalu menjadi salah satu studio Film asal Thailand yang kerap kali menghasilkan film-film hits berkualitas dengan bumbu drama komedi romantis, horor, dan tema unik lainnya yang mengaduk-aduk emosi para penontonnya. Pada Mei 2018, GDH kembali merilis filmnya yang berjudul, 'Brother of The Year' yang mengangkat tema perseteruan kakak dan adik.



Film Brother of the Year ini berkisah tentang seorang kakak laki-laki bernama Chut (Sunny Suwanmethanont) yang memiliki adik perempuan bernama Jane (Urassaya Sperbund). Sejak kecil keduanya memang tidak pernah akur dan saling jail satu sama lain. Sebagai kakak laki-laki, Chut selalu menganggu laki-laki yang mencoba mendekati adiknya. Sampai pada akhirnya ketika Jane ingin menikah dengan Moji (Nickhun) yang harus menghadapi sikap kakak laki-laki Jane yang cukup annoying. Cerita di film ini berkembang dari premis tersebut dan membuat dinamika hubungan antar saudara yang menjadi menarik.



Konflik utama dari film ini adalah karakter Chut sebagai seorang kakak yang terpaksa menjadi figure pria satu-satunya dalam keluarga yang harus menggantikan posisi ayahnya yang sudah pergi sejak mereka kecil. Film ini sedikit menyentil situasi social di Thailand, di mana perempuan Thai banyak yang menikah dengan bule lalu ditinggalkan ketika anaknya bertumbuh besar. Hal itu bukanlah stereotype, namun kebanyakan hal ini memang sering terjadi di Thailand. Chemistry antara Sunny dan Urassaya sebagai kakak adik pun terjalin sangat sempurna. Sang sutradara tidak hanya menampilkan pertengkaran masa sekarang, ia pun memperlihatkan sosok Jane dan Chut di masa kecil saat sekolah dulu. Film ini membawa penonton untuk menikmati pertengkaran Chut dan Jane yang penuh dengan drama dan komedi.


Sebenarnya nggak ada yang istimewa pada film ini. Plot yang sederhana namun tetap menguatkan emosional. Konflik yang tidak bertele-tele pun membuat film ini menjadi cukup realistis dan ‘relateable’ untuk kamu yang memiliki saudara berbeda gender. Komedi yang tampilkan pada dialog maupun gestur pun mudah dipahami oleh penonton Indonesia meskipun dengan gaya Thailand. 


Chut adalah tipe kakak yang nggak bisa menunjukkan rasa sayang ke adiknya, walaupun sebenarnya ia sangatlah perhatian. Sementara Jane adalah tipe adik yang sukanya menyembunyikan masalah, hingga meledak diakhir dan mengakibatkan pertengkaran besar. Dinamika pada film ini dari awal sampai akhir cukup konsisten dan emosional. Memiliki saudara kandung dan sering bertengkar adalah satu paket disetiap persaudaraan kakak-adik, namun hal itu yang membuat kita semakin saling paham ketika tumbuh dewasa. 



Film Brother of The Year ini adalah feel good movie’ karena menggabungkan kehangatan, kekonyolan, serta keharuan yang menarik dalam satu paket. Isu keluarga yang disampaikan pada film Brother of The Year sangatlah sederhana, yaitu tentang bagaimanapun sikap saudara kita, mereka tetaplah keluarga kita. Film-film garapan GDH sebelumnya pun memang sering mengambil emosional para penontonya. Ada tawa, marah dan tangis yang dikemas dengan cukup solid. Buat kamu yang suka sama drama keluarga, film ini bisa dibilang jadi paket yang komplit. Silakan ditonton bersama di rumah.

Source:

IMDb Official

  • Share:

You Might Also Like

3 komentar