[REVIEW] AQUAMAN: KUATAN MANA SAMA NYI RORO KIDUL?

By Deyacdp - 11:30 PM


Seperti yang kita ketahui bahwa film DC selalu mendapatkan rating yang jelek di mata kritikus, apalagi sejak penayangan Suicide Squad dan Justice League. Namun, sepertinya Warner Bros sedang berusaha untuk bebenah dengan mengganti Zack Synder dengan James Wan untuk menyutradarai film Aquaman yang berdurasi 2 jam 23 menit.

Aquaman tampil sangat berbeda, ceritanya lebih runut dibandingkan film DC lainnya. Mulai dari pertemuan pertama sang ayah (Temuera Morrison) dan ibunya (Nicole Morrison) yang merupakan seorang Ratu Atlantis. Thomas, ayah dari Arthur menemukan sang istri di tepi pantai dekat rumahnya, yang di mana Ratu Tlanna ini melarikan diri dari Atlantis karena tidak ingin dinikahi oleh pria pilihan ayahnya. Lalu, lahirlah Artur, hinga proses Arthur yang sedari kecil sudah dapat berbicara dengan makhluk laut dan berlatih menggunakan trisula. Pertarungan degan King Orm juga sangat baik dengan sedikit bumbu pertikaian dengan Black Manta.

Film Aquaman berhasil bikin DC keluar dari zona nyamannya. Enggak heran kalau respons positif mewarnai film garapan James Wan ini. Walaupun begitu, film ini bukanlah film DC yang sempurna. CGI yang berlebihan cukup menganggu pemandangan, seperti adegan di tepi laut dan di gurun pasir.



James Wan berhasil memainkan imajinasi penonton dengan sentuhan fantasi dari kehidupan di bawah laut Atlantis yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Fantasi itulah yang menjadi nilai plus bagi film Aquaman. Fantasi yang membuat kita seolah-olah sepakat bahwa Atlantis itu benar-benar nyata.



Kehebatan Aquaman tidak terlepas dari hadirnya Willem Dafoe yang berperan sebagai Vulko pun cukup memikat perhatian, meski perannya terbilang sedikit, namun ia tampil dengan cukup total.



Tak hanya Vulko, ada Mera yang diperankan oleh Amber Heard menjadi daya tarik tersendiri pada film DC kali ini. Parasnya yang cantic rupawan, aktingnya sebagai putri salah satu kerajaan di lautan juga sangat baik. Kelebihannya yang dapat mengendalikan air pun terlihat sangat fantastis.



King Orm, adik tiri dari Arthur yang diperankan oleh (Patrick Wilson) pun berhasil menampilkan sifat sombongnya menjadi penguasa lautan dan kebenciannya terhadap Arthur karena kematian ibunya.


Selain visualnya yang begitu fantastis, film ini masih dapat dikatakan cukup absurd. Apalagi adegan di mana Arthur dan Mera masuk ke mulut paus biru, ruangan di dalam mulut paus seharusnya terlihat lega dan besar, namun pada kenyataannya setting tempatnya terlalu kecil untuk ukuran mulut paus sebesar itu. Kalah jauh lah sama setting adegan film Pinokkio pas dimakan paus.

Adengan yang memukau dari film ini adalah saat Aquaman dan Mera berenang ke dasar laut untuk menghindari ribuan monster amfibi, Trench yang sangat mengerikan sehingga menghadirkan suasana cukup mencekam. Pada shot ini, James Wan membuktikan bahwa ia merupakan one of master of horror terbaik saat ini!



Efek suara di dalam air yang dibuat serealistis mungkin dan pergerakan yang benar-benar seperti berenang membuat para pemeran Atlantean benar-benar seperti hidup di dasar laut. Sepakat atau tidak, warna dan rasa Aquaman ini begitu dekat dengan Black Panther dari Marvel. Keduanya mengenalkan dua dunia yang berbeda, pertarungan yang sangat catchy, konflik yang sama, dan love-hate relationship yang mirip-mirip. James Wan berhasil memberikan Warner Bros sedikit nafas baru untuk DC Extended Universe.


Film Aquaman ini benar-benar menyajikan sedikit adegan dramatis dan emosional, tetapi lebih dominan dengan adegan kekerasan, seperti pertarungan, badai besar, kejar-kejaran, hingga pertempuran dengan para monster. Perlu diakui bahwa, Aquaman menjadi satu tingkat lebih di atas film-film DC sebelumnya. Congratulation, James Wan & Warner Bros Crew!


Alasan untuk menonton: Buat kamu yang rindu karakter Khal Drogo-nya Game of Thrones, wajib nonton! Wibawanya mirip, cuma lebih asik aja pembawaannya. 7.6/10 (Versi imdb) Aquaman yang baru saja dapat dibikin se-fantastis ini, apalagi Nyi Roro Kidul ya... Kira-kira kuatan mana Aquaman atau Nyi Roro Kidul?

Source:

Image (Imdb official)
Gif: Giphy

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar