[REVIEW] FOLKLORE A MOTHER'S LOVE: KASIH IBU SEPANJANG MASA

By Deyacdp - 11:57 AM

Sumber: Twitter @jokoanwar
Setelah meraih kesuksesan dengan Film Pengabdi Setan (2017), Joko Anwar kembali membuat karya horor terbarunya yang berjudul Folklore: A Mother’s Love. Namun kali ini filmnya tidak ditayangkan ke layar lebar, melainkan ditayangkan secara gratis di HBO Go Asia selama sekitar durasi 48 menit.
Sumber: Youtube HBO GO ASIA

Film garapan Joko Anwar memang sudah dikenal memiliki kualitas yang bagus, dan tidak mengandalkan jumpscare disetiap scenenya. Kali ini Joko Anwar mengangkat cerita tentang seorang single mother yang berjuang melawan makhluk halus legendaris yang dikenal, Wewe Gombel.
Sumber: Fan Art Twitter @jokoanwar
Murni (Marissa Anita) merupakan single parent dari Jody (Muzakki Ramdhan) yang hidup berdua di dalam kondisi ekonomi sangat memprihatinkan. Oleh sebab itu, membuat Jody tidak bisa bersekolah dan harus berpindah-pindah rumah karena tidak mampu membayar uang kontrakan. Pekerjaan baru yang Murni dapatkan dari seorang Ibu muda kaya raya pun diambil olehnya, yaitu sebagai tukang bersih-bersih paruh hari di sebuah rumah kosong di mana Wewe Gombel itu mengumpulkan para anak kecil lainnya yang telah diculik.
Sumber: Twitter @jokoanwar
Munculnya si makhluk halus Wewe Gombel pada film tidak sebanyak film horor pada umumnya, sehingga mampu membuat penonton merasakan penasaran yang cukup tinggi terhadap rupa sosok si Wewe Gombel. Pada saat kemunculannya pun dibuat sangat sederhana mirip seperti “ibu” pada film Pengabdi Setan, penampilannya yang sederhana dan membuat suasana jadi creepy.
Sumber: Twitter @jokoanwar
Marissa mampu memerankan karakter single parent yang patut diacungi jempol, rasa sayang yang ia miliki terhadap anaknya dan pantang menyerah pada situasi. Di beberapa adegan pun, hubungan antara ibu dan anak terbangun dengan sangat luar biasa sehingga membuat penonton merasakan kasih sayang seorang ibu.
Sumber: Twitter @jokoanwar
Sedangkan Muzakki Ramdhan yang berperan sebagai Jody anak dari Marissa, mampu membuat cerita pada film ini semakin kuat. Walaupun usianya masih kecil, aktingnya sangat epic dan sukses memainkan emosi penonton baik sedih maupun senang disetiap adegannya. Atmosfer pada film yang kelam dan mengangkat tentang urban legend bisa dibilang sangat cerdas, Joko Anwar mampu membuat sosok makhluk halus Wewe Gombel dengan cara yang berbeda dan pastinya sangat menegangkan sepanjang film.
Sumber: Twitter @jokoanwar
Selain Joko Anwar, pujian patut diberikan kepada Marissa Anita dan Muzakki Ramdhan yang begitu kuat dalam memerankan karakternya. Penampilan mereka berdua sungguh-sungguh menyentuh dan menyadarkan bahwa kasih cinta seorang ibu itu nyata adanya sepanjang masa.
Sumber: Twitter @jokoanwar

 8.6/10. VERY RECOMMEND HORROR MOVIE



  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Gila sih Muzakki Ramdhan aktingnya bagus banget!!

    Jokan bisa aja deh nemu aktor-aktor cilik yang kurang terkenal tapi punya potensi besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya!!! Di setiap filmnya selalu ada aktor2 gak terkenal tapi luar biasa mantul yakan!

      Delete